Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENTING ! TERNYATA INILAH PENYEBAB WANITA SULIT HAMIL


KABARMANUSIA-Pada wanita memang tidak sedikit kita temui di masyarakat, karena memang kodrat seorang wanita adalah menjadi seorang ibu dan mempunyai anak-anak yang lahir dari dalam rahimnya. Hanya saja memang tidak bisa di pungkiri pula oleh kita semuanya bahwasannya hal-hal yang menyebabkan sulit hamil pada seorang wanita ini menjadi permasalahan dalam dunia kesehatan terutama kesehatan reproduksi.

Banyak juga mengenai mitos kesuburan baik dari pihak laki-laki atau pun kesuburan dari pihak perempuan yang beredar di masyarakat kita, beberapa hal seputar mitos kesuburan itu diantaranya karena pengaruh juga dari pihak laki-laki yang mana spermanya encer, ada juga karena pengaruh penggunaan alat kontrasepsi KB yang kurang tepat dan sebagainya. Dan memang belum tentu kebenaran dari mitos hal yang membuat perempuan susah hamil tersebut benar bila dilihat dari sisi medis.

Infertilitas. Adalah ketidakmampuan seorang wanita untuk hamil atau ketidakmampuan pria untuk menghamili. Kondisi ini tidak eksklusif untuk wanita saja. Pria pun memiliki kemungkinan mengalami infertilitas. Namun kemungkinan wanita memang lebih besar, yakni sebanyak 75 persen, sedangkan sisanya adalah pria.

Anda hanya perlu belajar apa yang menyebabkan infertilitas. Ketika wanita tidak subur, penyebab utama yang paling umum adalah berkaitan dengan kesulitan fisik dan sistem reproduksinya. Ada juga yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, konsumsi obat, dan penyakit tertentu yang dapat memicu infertilitas.


BACA JUGA :


Para ahli juga menyebutkan bahwa penyebab yang paling khas dari infertilitas pada wanita adalah penyakit radang panggul, atau yang biasa disebut dengan PID. Nah, penyakit ini terjadi ketika organ yang terletak di panggul wanita terinfeksi atau trauma dengan bahaya. 

Selain infeksi dan luka, wanita dapat mempertahankan jaringan parut pada jaringan perut atau vagina melalui prosedur bedah seperti aborsi. Jaringan bekas luka dapat menghalangi jalur sel telur dari tuba falopi menuju rahim, serta transisi dari sperma ke rahim, sehingga membuat pembuahan pada sel telur sangat sulit.

Ketidakseimbangan hormon juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Ketidakseimbangan hormon mungkin disebabkan tiroid dan adrenal kelenjarnya tidak bekerja dengan benar. Prolaktin, hormon tubuh yang merangsang produksi ASI ternyata juga dapat mempengaruhi atau menghentikan seorang wanita untuk berovulasi. Jika kadar prolaktin terlalu banyak, maka wanita tidak bisa hamil.

Untuk itu, Anda harus berkonsultasi pada dokter spesialis untuk mengambil tindakan mana yang benar. Ada beberapa praktik yang salah yang kerap dilakukan oleh beberapa pengobatan alternatif yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan sumber penyebab seseorang tidak kunjung hamil. 


BACA JUGA :


Hanya saja di masyarakat kita ini, kaum wanita lebih banyak dijadikan tumpuan kesalahan ketika sebuah keluarga lama tidak dikarunia momongan atau anak. Stigma buruk masyarakat mengenai kesulitan memperoleh keturunan anak ini memang harus diluruskan. Agar tidak selalu kaum ibu (wanita) yang menjadi sasarannya. Sehingga stigma buruk mengenai wanita mandul atau pun laki-laki mandul akan bisa berkurang dan tidak menjadi beban tambahan bagi para pasangan suami istri yang belum juga dikaruniai anak.